Warga Kampung Siapkan Pangan Lokal Atasi Pembatasan Sosial.

Warga Kampung Tablasupa Distrik Depapre dalam minggu ini mulai mempersiapkan dirinya dengan menyediakan pangan lokal yang suda ada di kampung.
Pembatasan sosial dampaknya benar-benar sampai kepada masyarakat bawah, pasalnya masyarakat tidak bisa lagi melakukan aktifitas ke luar seperti semula, warga masyarakat yang tinggal di pinggiran laut ini hari-harinya sebagai nelayan dan bergantung hidup kepada hasil penangkapan ikan, saat ini mereka merasa kebutuhan hari-harinya tidak bisa terpenuhi dengan beras saja, apalagi Para pembeli ikan ( Tengkulak) yang selalu menjadi sumber pendapatan keuangan mereka tidak lagi membeli akibat pembatasan sosial. Sekalipun demikian masyarakat kampung yang telah terbiasa hidup dengan kondisi lokal mereka, kembali ke dusun untuk mengolah hasil alamnya sendiri untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Dari pantauan lapangan yang di lakukan Pemantik, bukan hanya sagu saja yang menjadi prioritas, warga Kampung Tablasupa juga mulai kembali mengolah SDAnya sendiri untuk mengatasi situasi ini dengan membuka lahan menanam tanaman-tanaman sayuran dan buah buahan serta ubi-ubian untuk jangka pendek. Untuk kendala yang masih di alami warga dari Hasil pantauan keseluruhan, warga kampung masih mengalami kendala sedikit terkait Situasi mendadak ini, kebutuhan yang masih di perlukan warga dari sisi perikanan laut, warga mengalami kendala pasa Pemasaran ikan, sehingga kebanyakan ikan yang di dapat hanya dipake untuk mengkonsumsi saja. Untuk pertanian jangka pendek warga mengalami kendala dengan kurangnya Bibit tanaman jangka pendek, seperti sayur-sayuran,ubi-ubian dan tanaman lainnya. (Dok.Pem@ntik)

About Admin 41 Articles
Pengelola Weeb Tablasupa

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*